Sejarah Terbentuknya Manchester City Supporter Club Indonesia


Sejarah MCSC INDONESIA

Foto MANCHESTER CITY SUPPORTERS CLUB INDONESIA.
Berawal dari situs jejaring Facebook dan berlanjut ke kopi darat yang pertama kali diadakan pada awal tahun 2010, dari sini muncul nama-nama seperti Andika Lidiansyah, Bregas Aditya, Ricky Dungky, Renza Rovi, Abdul Hafiiz Mursyid Elazri & Dimas Indriansyah. Didasari visi & misi yang sama serta rasa cinta kepada klub Manchester City mereka sepakat untuk membesarkan nama Manchester City di Indonesia, alhasil tepat pada 03 Desember 2010 terbentuklah MCFC Indonesia dan terpilihlah Taufiq M. Pratama sebagai Ketua Umum.
Tidak hanya eksis di dunia maya, komunitas ini juga rutin mengadakan kegiatan seperti nonton bareng, futsal, serta tampil di acara – acara musik, olahraga, & kuis bersama stasiun TV swasta di Indonesia, hal ini membuat komunitas ini semakin dikenal. Puncaknya adalah saat MCFC Indonesia didaulat suatu produk minuman untuk mengawal Piala FA yang datang ke Indonesia selama 3 hari Berturut-turut.
MCFC Indonesia akhirnya diakui oleh suporter Manchester City yaitu MCFCSC ( Manchester City F.C. Supporters Club ) yang berdiri sejak tahun 1949, dan menjadi satu – satunya fan base resmi suporter Manchester City Di Indonesia. Semoga di tahun – tahun yang akan datang MCFC Indonesia bisa menjadi Fan Base Manchester City terbesar di seluruh dunia.
*PERJALANAN MCFC INDONESIA SELAMA DUA TAHUN*
Di awal tahun 2011, para founder MCFC Indonesia mengadakan acara gathering atau berkumpul bersama pecinta Manchester City di daerah Jakarta dan Bandung untuk membicarakan, struktur organisasi, serta merancang AD/ART di tahun 2011. Setelah struktur Organisasi dan AD/ART ditetapkan, baru merancang program kerja di tahun 2011.
Di pertengahan tahun, kami menyambut kedatangan piala FA ke Jakarta selama tiga hari. Pada saat itu, kami terus mengikuti dan “mengawal” piala yang telah dijuarai oleh Manchester City pada Mei 2011 saat mengalahkan Stoke City.
Selama 2011 tersebut, kami juga rutin mengadakan nonton bareng pertandingan-pertandingan Manchester City baik dari undangan stasiun Televisi, supporter klub sepak bola lain, dan secara mandiri dengan mengadakan nobar di home base, yaitu di Djoeragan Koffie Batavia di bilangan Mampang, Jakarta Selatan.
Pada 2011 itu pula kami mulai melebarkan sayap organisasi MCFC Indonesia di beberapa daerah di Indonesia.Dengan berkomunikasi menggunakan jejaring social seperti Facebook dan Twitter, beberapa daerah seperti Aceh, Makassar, Manado dan beberapa daerah lain mulai membentuk Branch resmi MCFC Indonesia.
Foto MANCHESTER CITY SUPPORTERS CLUB INDONESIA.

*PENGUKUHAN SECARA RESMI*
Pada akhir 2011 pengurus MCFC Indonesia, mencari koneksi untuk mengukuhkan MCFC Indonesia sebagai organisasi supporter resmi klub Manchester City di tanah air. Berawal dari seorang teman yang berada di Ibukota Inggris, London, memberikan kontak langsung melalui surat elektronik atau email kepada sekretaris jenderal organisasi pendukung resmi Manchester City langsung yang bernama Kevin Parker. Lalu beliau memberitahukan tata cara menjadi cabang organisasi resmi dari Manchester City Fans Club.
Setelah memenuhi persyaratan yang diberikan, MCFC Indonesia pun dikukuhkan menjadi cabang resmi organisasi Manchester City Fans Club (MCFC) di Indonesia. Pengukuhan secara resmi tersebut ditandai dengan pemberian Member Card resmi serta pencantuman branch atau cabang Manchester City Fans Club Indonesia di situs resmi mereka yaitu mcfcsc.com atau secara detail bisa dilihat dalam link ini:http://www.mcfcsc.com/index.php/branches/id/indonesia dan Website mcfc.co.uk Pengukuhan secara resmi tersebut sekaligus menjadi kado ulang tahun MCFC Indonesia yang pertama.
Di awal 2012, sudah ada 15 branch resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada beberapa kejadian unik yang terjadi, salah satunya adalah anggota MCFC Indonesia yang bernama Dian Permata Putri, videonya saat menyanyikan lagu “Blue Moon” dan “The Beat Goes On” mendapat perhatian dari situs resmi Manchester City, mcfc.co.uk dan video tersebut masuk ke dalam rubric “Fans” di dalam situs tersebut.
Seiring berjalannya waktu, MCFC Indonesia mengikuti beberapa kegiatan seperti turnamen futsal antar fans club, gathering antar fans club, menjadi pembicara di beberapa radio serta mengikuti kuis di beberapa stasiun televisi swasta.
Pada bulan Agustus, MCFC Indonesia berkesempatan menonton skuat asuhan Roberto Mancini tersebut bertanding di Malaysia. Sekitar 40 orang anggota MCFC Indonesia pun melakukan perjalanan ke negeri jiran tersebut untuk melihat pertandingan Man.City vs Timnas Malaysia. Selain menonton Manchester City bertanding, kami juga bertemu dengan beberapa perwakilan MCFC dari Negara-negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.
*PERUBAHAN NAMA, REFORMASI DAN RESTRUKTURISASI*
Di penghujung tahun 2012 ini, selain memperingati hari jadi kedua MCFC Indonesia, para pengurus juga mengadakan perubahan nama menjadi ICSC (Indonesia Citizens Supporters Club ) yg kemudian pada maret 2013 mengalami perubahan nama kembali menjadi MCSCI (Manchester City Supporters Club Indonesia ) hingga saat ini dengan restrukturisasi kepengurusan serta pengukuhan calon ketua baru. Hal ini dikarenakan pengunduran diri oleh ketua MCFC Indonesia sebelumnya, Taufiq M Pratama dan sekarang Jimmy terpilih sebagai Ketua yang baru, dan kemudian terjadi perubahan kembali ketua umum dari Jimmy ke Andika Dwi Putra hingga saat ini.
Tahun 2015 merupakan tahun ke 5 MCSC INDONESIA diusia 5 tahun ini Jumlah Chapter sudah mencapai 50 Chapter di seluruh Indonesia dan 2000 org member resmi yg terdaftar sebagai Member di MCSC INDONESIA
Tahun 2015 pun menjadi tahun berkesan dengan berkesempatan langsung terlibat dalam pembuatan film dokumenter "Global City Fans" yg merupakan proyek dari MCFC untuk mengetahui keberadaan fans City di Indonesia
video :
Watch "Incredible Man City Fans in Indonesia - The Thirteenth Man | #GlobalCityFans" on YouTube - https://youtu.be/ydxPmnGrcSQ

Foto MANCHESTER CITY SUPPORTERS CLUB INDONESIA.

kdlsldfs;djsdsd












Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS STATISTIKA 5

Manfaat dan Peran Media Sosial dalam Branding dan Promosi Pada Sepatu Olahraga Brand Lokal